Monday , April 24 2017
Home / BLOG / Lautan awan di Puncak Gunung Cikuray
Puncak cikuray-adp

Lautan awan di Puncak Gunung Cikuray

Puncak cikuray-adp

Darikita.com, Gunung Cikuray merupakan gunung tertinggi di Garut Jawa Barat. Yang mempunyai ketinggian 2.821 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung cikuray juga merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah tiga gunung lainnya yaitu, Gunung Ciremai (3078 mdpl), Gunung Pangrango (3019 mdpl), dan Gunung Gede (2958 mdpl). Di puncak gunung Ini terdapat pemandangan yang sangat indah, gunung ini memang sudah terkenal dengan lautan awannya di kalangan para pendaki baik domestik maupun mancanegara.

Catatan perjalanan gunung cikuray

Salah satu jalur Pendakian Gunung Cikuray adalah melalui jalur cilawu. Dapat di tempuh dari terminal guntur menggunakan angkutan umum berwarna putih-biru muda dan dapat turun di daerah Sukamulya atau Cigarungsang lalu dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojeg hingga ke pos pemancar ( pos1). Atau dari terminal guntur bisa langsung sewa angkotnya menuju pos pemancar (pos 1)

Jalur Pendakian Cilawu

Sebelum memulai pendakian, jangan lupa untuk melapor kepada petugas untuk mengisi administrasi pendaftaran, jangan lupa juga untuk mempersiapkan pembekalan, terutama persediaan air, karena di pos 1 inilah titik akhir kita dapat menemukan sumber air.

Memulai pendakian di jalur ini, anda akan disambut  dengan tanjakan pertama yang cukup curam yang terletak diantara kebun teh, dari sana juga dapat terlihat bentuk punggungan yang akan didaki jika cuaca cerah tanpa kabut. Perjalanan melewati kebun teh hanya singkat, sekitar 30 menit dengan keadaan jalur yang gersang dan berdebu. Setelah itu baru memasuki hutan yang teduh. Di luar musim hujan, kondisi tanah masih terlihat gersang dan berdebu bila ditapaki.

Pos 1 dapat dicapai dari stasiun pemancar TV dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Kemudian ditambah sekitar 45 menit lagi untuk bisa sampai di pos 2. Waktu tempuh Pos 2 ke Pos 3 adalah 1.5 kali lebih lama dibanding waktu tempuh dari Pos 1 ke Pos 2, Karena medannya yang curam, dan kontur yang rapat, Pos 1, Pos 2, dan Pos 3 hanya mampu menampung satu sampai dua tenda. Sementara di Pos 4 terdapat tempat yang lebih luas yang dapat menampung sampai tiga tenda.

Perjalanan dari Pos 4 menuju Pos 5 membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kemiringan yang lebih terjal seperti Pos 3 menuju Pos 4. Kemudian dapat dilanjutkan ke Pos Puncak Bayangan yang memiliki lahan yang lebih luas dari lima pos sebelumnya dan dengan keadaan lebih datar tanpa adanya semak belukar.

Perjalanan setelah Pos Puncak Bayangan dapat dilakukan menuju Pos yang luasnya hampir sama dengan pos puncak bayangan yang mampu menampung sekitar 3 sampai 4 tenda. Dari Pos 6 ini pepohonan tinggi sudah tidak terlalu rapat namun masih dapat menghalangi hantaman angin langsung dan sudah sangat dekat dengan Puncak Gunung Cikuray. Pos 6 ini dapat menjadi tempat yang paling santai untuk menunggu momen matahari terbit atau tenggelam. Hanya tinggal menanjak ke puncak kurang dari 15 menit dengan membawa perbekalan secukupnya, lalu balik lagi ke Pos 6 sekitar 10 menit.

Dan tibalah di Puncak Gunung Cikuray dengan lautan awannya yang juga menampilkan panorama kota dan pegunungan di wilayah Garut. Di puncak Gunung Cikuray terdapat bangunan berupa pos seluas 2.5 x 2.5 meter.(tama)

Sunrise cikuray-tama

Shelter cikuray-adp

Comments

comments

2 comments

  1. Aryo D. Prayogo

    Mantap!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *