Thursday , April 12 2018
Home / BERITA UTAMA / Meriah Festival Parahu Kolotok

Meriah Festival Parahu Kolotok

TAOFIK ACHAMD HIDAYAT/JABAR EKSPRES PERMAINAN TRADISIONAL: Dua bocah saat akan bermain parahu klotok dengan terlebih dahulu membakar kapas yang dibasahi minyak, uap pembakaran akan menjalankan parahu tersebut.

darikita.com – KLOTOK klotok klotok demikian bunyi yang keluar dari perahu berbahan kaleng saat mulai mengarungi aliran sungai Cikakak Jalan Lio Genteng RW 5 Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung. Anak-anak pun terlihat gembira dan berlari kecil mengejar perahunya yang mulai menjaduh.

Permainan berbahan seng ini memang sudah jarang sekali ditemui. Bak hanyut pada masa lalu, sejumlah orangtua pun terlihat menyaksikan acara bertema Bandung Parahu Kolotok Festival yang digelar Sakola Ra”jat Iboe Inggit di tengah haru biru anak anak yang kapalnya melaju setelah mendapatkan panas dari kapas yang dibakar di bagian belakang.

Bunyi klotok klotok itu sendiri muncul benturan antara dua moncong Meriam dengan body perahu yang menyerupai sebuah kapal perang angkatan laut. Selain bentuknya, kapal tersebut juga dilengkapi dengan bendera merah putih. Perahu klotok menjadi sebuah media/alat untuk mengenalkan kembali sosok dan peran Djuanda yang telah menjadikan Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia kepada generasi muda khususnya anak-anak.

Suasana semakin meriah ketika puncak acara berupa permainan balapan perahu kolotok, di parit dengan lebar Satu meter perahu perahu itu mulai melaju. Penggagas acara, Gatot membenarkan jika kegiatan itu merupakan bagian dari memperingati jasa besar pahlwan Ir. H. Djuanda, yang telah menjadikan Indonesia sebagai negara maritim terbesar di dunia kepada generasi muda. ”Ini merupakan sarana untuk mengedukasi anak anak, agar mereka mau mempelajari sejarah. Selain itu mereka dan warga Lio Genteng bisa turut menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan melestarikan permainan tradisional,” kata Gatot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *