Friday , May 26 2017
Home / bandung raya / Motivasi Anak Gemar Membaca
AMRI RACHMAN DZULFIKRI/JABAR EKSPRES PEMAPARAN: Kepala Sekolah SDN 023 Pajagalan Dante Rigmalia menyosialisasikan pentingnya pendidikan kepada orang tua siswa saat digelar parenting bagi orangtua di SDN 023 Pajagalan, kemarin.

Motivasi Anak Gemar Membaca

darikita.com, BANDUNG – Kepala sekolah SDN 023 Pajagalan Kota Bandung Dante Rigmalia menyatakan, hari Pendidikan Nasional perlu diisi dengan kampanye penyadaran terhadap pentingnya pendidikan inklusif.

”Hal ini untuk mendorong pemerataan pendidikan dan pencapaian kualitas pendidikan,” kata Dante saat mengisi talkshow ”Percepatan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas” diselenggarakan di SDN 023 Pajagalan, Kota Bandung, kemarin (2/5).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut dikemas semenarik mungkin untuk menarik minat peserta didik. Termasuk orang tua murid yang datang.

Mereka semua diajak berinteraksi dengan bernyanyi dan kegiatan lomba menulis di mading untuk semua tingkatan kelas. Terlebih lagi mereka dipandu penyanyi Fiersha, finalis pencarian bakat Mamamia

Sontak banyak murid dan orangtua decak kagum peserta yang hadir. Sebab, Fiersha sebagai penyandang disabilitas (tunanetra) bisa melakukan hal yang luar biasa yang mungkin tidak semua orang bisa melakukannya. ”Bahkan sampai saat ini dia (Fiersha, Red) masih tercatat sebagai mahasiswi UPI tingkat akhir jurusan seni musik,” ungkapnya.

”Kehadiran Fiersha sebagai salah satu alat kampanye untuk memberitahukan kepada anak-anak bahwa kita juga harus bisa lebih baik dari dia yang memiliki keterbatasan fisik,” katanya.

Dante menyampaikan, dengan memberikan kesempatan yang merata bagi semua anak termasuk penyandang disabilitas, maka semua elemen bisa memahami keberagaman potensi anak. Dengan begitu, kebutuhan perkembangan setiap anak akan meningkatkan seiring kualitas pendidikan.

”Sejatinya pendidikan inklusif adalah filosofi penyelenggaran pendidikan yang menghargai dan mengakui keberagaman potensi dan kebutuhan belajar serta perkembangan anak,” ungkapnya.

Maka dari itu, Dante akan memberikan bekal parenting bagi orangtua untuk mendidik anaknya di lingkungan keluarga. Sebab, pemahaman yang baik tentang potensi anak dan aspek-aspek perkembangan, anak akan membantu orang dewasa dalam melayani anak sesuai dengan potensinya. ”Pendidikan yang merata dan berkualitas adalah kunci menuju kesejahteraan bangsa,” terangnya.

Comments

comments

Check Also

Dorong Pembangunan Kawasan Metropolitan Cirebon Raya DPRD Jawa Barat Sadari Potensi Besar

darikita.com, CIREBON – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Irfan Suryanagara mengatakan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *