Monday , January 29 2018
Home / bandung raya / Pendidikan Madrasah Harus Diwajibkan
KEMBALI DI SOSIALISASIKAN: Keberadaan Madrasah menjadi tempat pembinaan ahlak bagi anak.

Pendidikan Madrasah Harus Diwajibkan

darikita.com – NGAMPRAH- DPRD Kabupaten Bandung Barat terus mendorong agar Dinas Pendidikan dapat menerapkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2009 tentang wajib belajar Pendidikan Keagamaan atau Diniyah Takmiliyah Awaliyah bagi jenjang pendidikan dasar SD/MI. Hal itu sebagai upaya untuk membentuk moral dan akhlak siswa di setiap sekolah.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat, Samsul Ma’arif menyatakan, Perda tersebut sangat penting bagi masa depan anak-anak bangsa khususnya di wilayah Kabupaten Bandung Barat. “Perda ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi anak-anak. Artinya setiap sekolah diminta menerapkan pendidikan agama ini,” kata Samsul.

Menurut dia, dengan ditetapkannya Perda Diniyah Takmiliyah sebenarnya bisa dijadikan sebagai upaya Pemkab dalam membentuk karakter para calon atau anak didik jenjang pendidikan dasar yang ada di Kabupaten Bandung Barat. “Isi dalam Perda itu dimana anak didik yang akan masuk atau melanjutkan ke jenjang SD atau SMP paling tidak harus bisa baca Quran disertai mendapatkan ijazah Taman Pendidikan Al-Quran (TPA/TPQ) dan ijazah Madrasah Diniyah, jadi pendidikan agamanya juga kuat,” ujarnya.

Diungkapkan Samsul, dalam Perda tersebut juga disebutkan, anak didik jenjang Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) diwajibkan mengikuti penyelanggaraan pendidikan Taman Pendidikan Al Quran (TPA/TPQ) dan Madrasah Diniyah yang telah dikerjasamakan dengan sekolah umum/madrasah. Sehingga para siswa di sekolah umum/madrasah jenjang pendidikan dasar (SD/MI) se-Kabupaten Bandung Barat sekaligus juga menjadi siswa TPA/TPQ dan Madrasah Diniyah.

Sehingga, kata Samsul, selain fokus pada masalah pendidikan umum, pendidikan religiusitas pun tidak kalah penting untuk diterapkan pada anak-anak. “Anak-anak juga harus mendapatkan pendidikan agama jangan sampai memperhatikan pendidikan umumnya saja dan ini bisa jadi upaya untuk membentuk karakter,” katanya.

Samsul menambahkan, di Kabupaten Bandung Barat ini juga kaya akan pesantren dan tempat pendidikan agama Islam. Anak-anak ini harus disalurkan juga untuk menggali ilmu agama. “Berbagai prestasi dari KBB sudah ditunjukan dengan mengikuti sejumlah perlombaan MTQ baik tingkat Jawa Barat maupun Nasional. Prestasinya sudah membanggakan,” terangnya.

Sebaliknya, kata dia, ada juga anak-anak sekolah yang sudah terbawa arus negatif seperti mengkonsumsi miras oplosan hingga merenggut nyawa. Ini membuktikan kurangnya didikan dan pengetahuan tentang agama Islam. “Pendidikan agama jadi modal dan bekal anak-anak kita agar menghindari prilaku tidak baik serta menghindari pergaulan bebas yang membahayakan masa depan mereka,” ujarnya. (drx/yan)

Check Also

Setnov Siap Beber Aktor Utama

darikita.com – JAKARTA – Jalan Setya Novanto (Setnov) yang mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC) belum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *