Monday , April 24 2017
Home / Nasional / Percepat Sertifikasi Tanah
BEREBUT SALAMAN: Ratusan warga di Cihampelas Kota Bandung berebut bersalaman dengan Presiden Joko Widodo, kemarin.

Percepat Sertifikasi Tanah

darikita.com, BANDUNG – Pemerintah masih memiliki pekerjaan rumah menuntaskan sertifikasi tanah. Hingga kini, yang tersertifikasi di seluruh Indonesia belum ada separo dari total jumlah bidang tanah. Presiden Joko Widodo minta kementerian Agraria dan Tata Ruang untukmempercepat proses sertifikasi tanah agar ada kepastian hukum.

Hal itu disampaikan Jokowi saat penyerahan 2.008 sertifikat tanah untuk warga Jawa Barat di Bandung kemarin (12/4). Sebagai gambaran, Jawa Barat memiliki 19,8 juta bidang tanah. Namun, yang sudah tersertifikasi baru 6,3 juta bidang atau 31,8 persen.

Jokowi menuturkan, sertifikat penting bagi masyarakat untuk mendapatkan kekuatan hukum atas kepemilikan tanahnya.  ’’Dulu saya beli tanah 200 meter harus nunggu sampai tiga tahun baru terbit sertifikat,’’ tutur Jokowi di hadapan para warga.

Saat ini di Indonesia sudah ada klaim kepemilikan sebanyak 126 juta bidang tanah. Hanya, hingga akhir Maret lalu baru 46 juta bidang lahan yang tersertifikasi. Bila dipersentasikan, jumlahnya 36,5 persen atau kurang dari separo. Karena itu, butuh upaya ekstra untuk menyertifikasi lahan-lahan tersebut.

Karena itu, seringkali muncul sengketa atau konflik tanah karena tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim. ’’Ini yang sedang saya kejar. Tahun ini saya perintahkan kepada menteri, lima juta sertifikat harus selesai se-Indonesia,’’ lanjut mantan wali kota Solo itu. Khusus Jawa Barat, harus selesai 370 ribu sertifikat tahun ini.

Dalam pembagian sertifikat kemarin, warga yang mendapatkan sertifikat berasal dari 10 kabupaten/kota se-Jabar. Dia meminta warga untuk menjaga baik-baik sertifikat tanah yang sudah diberikan. ’’Bisa juga dipakai untuk mencari modal ke bank, diagunkan,’’ tutur Jokowi. Hanya, Jokowi mensyaratkan sertifikat itu diagunkan hanya  untuk menambah modal usaha.

Comments

comments

Check Also

Emil Tak Takut Terjun Bebas

darikita.com, SUMUR BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku tidak takut dengan beragam opini ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *