Monday , February 5 2018
Home / BERITA UTAMA / Pilgub Jabar Tanpa SARA
PILKADA JAWA BARAT 2018: Lembaga survei pilkada Instrat menggelar konfrensi pers terkait jelang pergantian kepemimpinan Provinsi Jawa Barat di De Pavilijeon Hotel, Jalan Martadinata, Kota Bandung, beberapa waktu lalu. Banyak paslon berharap Pilkada di Jawa Barat tidak mengedepankan isu SARA seperti halnya santer di DKI Jakarta.

Pilgub Jabar Tanpa SARA

Bandung – Jalannya perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 dinilai beberapa pihak akan berlangsung panas seperti Pilgub DKI Jakarta beberapa waktu lalu. Namun, tak sedikit pula yang menilai pesta demokrasi masyarakat Jawa Barat tersebut akan berlangsung aman dan damai.

Hal tersebut dikarenakan kultur masyarakat Jawa Barat yang dinilai berbeda dengan masyarakat DKI Jakarta. Terlebih, semua calon yang akan beradu gagasan dalam Pilgub Jawa Barat sebagai upaya menarik hati masyarakat memiliki latar belakang agama yang sama.

Calon Gubernur (Cagub) Jawa Barat, Mayjen (purn) Sudrajat menyatakan, tidak sepakat jika ada pihak-pihak yang mengatakan akan terjadi kericuhan dalam penyelenggaraan Pilgub Jawa Barat. Dirinya meyakini apa yang terjadi pada Pilgub DKI Jakarta tidak akan terulang di Jawa Barat.

”Tentu kita sebagai orang Jawa Barat menentang pendapat-pendapat itu karena landscapepolitiknya, situasi dan kondisi lingkungan strategisnya sangat berbeda dengan Jakarta,” kata Sudrajat, akhir pekan kemarin di Bandung

Sudrajat menuturkan, berdasarkan pengalaman pada penyelenggaraan Pilgub Jawa Barat tahun 2008 dan 2013 pun selalu berlangsung kondusif. Selain itu, Jawa Barat juga tidak memiliki isu-isu yang dapat memicu pertentangan tajam di kalangan masyarakat.

”Bahkan ada tokoh yang mengatakan bahwa kita tidak punya isu-isu yang memicu kepada SARA. Sehingga Jawa Barat akan aman dan selama ini Jawa Barat tidak ada masalah,” kata dia lagi.

Sudrajat menilai, pengalaman tersebut harus menjadi acuan agar semua pihak tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang mengatakan akan terjadi ketidakamanan dalam Pilgub Jawa Barat. Kalau pun ada gejala, kata dia, semua pihak harus mampu meredamnya dan tidak perlu menjadi bahan publikasi.

”Jangan sampai menjadi advokasi intelektual karena ini yang gak bener. Jadi apa-apa itu justru harus membuat suasana makin kondusif,” kata dia.

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Ahmad Syaikhu menilai aman atau tidaknya penyelenggaraan pesta demokrasi bergantung pada elit politik serta kandidat yang akan bersaing pada Pilgub Jawa Barat dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Dirinya beranggapan, kontestasi politik serupa dengan permainan ataupun olahraga karena lawan main bukanlah musuh, melainkan teman yang akan menambah keseruan dalam permainan. Begitu juga dalam kontestasi politik, lawan atau rival adalah teman berdemokrasi.

”Saya kira kalau ini dipahamkan betul kepada seluruh elemen masyarakat. Masyarakat juga akan menyadari dan suasana akan bisa menjadi lebih sejuk,” kata Syaikhu.

Di tempat sama, Cawagub pendamping Ridwan Kamil dalam Pilgub Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengaku tidak sepakat jika Pilgub Jawa Barat dinyatakan rawan konflik. Menurutnya, Jawa Barat tidak memungkinkan untuk terjadi bentrokan karena latar belakang agama yang sama.

”Kita (Jawa Barat) berbeda. Justru yang muncul pilihan orang hebat dan yang pernah memimpin memiliki karakter kepemimpinan luar biasa,” kata Uu.

Dikatakan Uu, Jawa Barat memiliki masyarakat yang cerdas dalam memilah dan memilh berbagai informasi. Hal tersebut dinilai menjadi modal penting agar tidak terpancing pada isu-isu yang dapat menganggu keamanan dan kedamaian di Jawa Barat.

Untuk itu, Uu meminta semua kandidat yang akan bersaing dalam Pilgub Jawa Barat tidak membawa isu SARA dalam kampanye yang dapat memicu konflik. Sebab, yang harus ditonjolkan adalah adu gagasan dari masing-masing calon untuk memperoleh simpatik masyarakat. ”Mari bersatu bersama, dunia siap beda tapi tetap bersama. Kampanye santun tak pakai isu SARA,” tandasnya. (mg1/rie)

Check Also

Tetap Berharap Bisa Berangkat Ibadah

BANDUNG – Korban travel umrah bodong PT Solusi Balad Lumampah (SBL) terus bermunculan. Bahkan, mereka pun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *