Tuesday , January 23 2018
Home / BERITA UTAMA / Tanpa Undian, Piala Presiden 2018 Tuai Keluhan

Tanpa Undian, Piala Presiden 2018 Tuai Keluhan

HARUS JALAN: Ketua Staring Commite Maruarar Sirait (tengah) saat drawing babak 8 besar pada Piala Presiden 2017 lalu. Kini gelaran sama akan kembali diselenggarakan di Bandung 16 Januari mendatang.

JAKARTA – Piala Presiden 2018 dipastikan bergulir 16 Januari mendatang. Pihak operator turnamen juga sudah merilis jadwal sekaligus grouping babak penyisihan (selengkapnya lihat grafis). Seperti yang diduga sebelumnya, kali ini babak grup berlangsung tanpa adanya proses undian, berbeda dengan edisi tahun lalu.

Situasi itu dikeluhkan sejumlah klub, proses demokrasi yang mengacu asas fair play tidak berjalan seperti sebelumnya. Syafrudin Ardasa, asisten manajer Barito Putera misalnya. “Prinsipnya, kami siap main di manapun,” ujarnya saat dikonfirmasi Jawa Pos (induk Jabar Ekspres) kemarin (9/1).

”Tetapi tanpa undian ini tentu kurang berkenan buat kami, karena tentu masing-masing klub punya pandangan,” lanjutnya. Pemberitahauan detail turnamen yang terkesan mendadak juga menjadi catatan lainnya. Sebab, Barito Putera saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Malang.

Dengan demikian mereka harus bertolak ke Balikpapan pada 14 Januari mendatang. Menurut Syarifudin, bila lebih awal, timnya tentu bakal menyiapkan program lain yang membuat lebih efisien. Demikian pula dengan Direktur Teknik PSMS Medan, Andry Mahyar.

Pria yang sukses mengawal PSMS menjadi juara Piala Kemerdekaan 2015 lalu menganggap operator kurang bijak. “Idealnya memang bisa undian, lebih fair, dengan begini apa mau dikata, harus jalan,” sebutnya.  Sebagai “klub baru”, manajemen PSMS kembali menyesuaikan diri dengan ritme dan kebutuhan Liga 1 2018.

Sementara itu, Risha Adi Wijaya, salah satu anggota Organizing Commitee Piala Presiden 2018 menerangkan, pembagian grup pada dasarnya mempetimbangkan tuan rumah. “Kedua kami juga pertimbangkan Liga 1 2017 lalu, “Selain itu kami juga melihat jarak tempuh, untuk efisiensi bujet klub,” sebut Risha.

Di sisi lain, pihak broadcaster juga melihat potensi crowd penonton yang bisa membawa suasana pertandingan jadi lebih menarik. Selanjutnya, rating tayangan juga diharapkan meningkat. Untuk opening, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) akhirnya menjadi pilihan.

Pada pertandingan pembuka, Persib Bandung dijadwalkan menghadapi Sriwijaya FC. Opening juga akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. Seperti dua edisi Piala Presiden sebelumnya. (nap)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *