Friday , May 26 2017
Home / bandung raya / Wabah Virus Wannacry Merebak Disdukcasip Terpaksa Hentikan Pelayanan
KETERGANTUANGAN: Sejumlah karyawan di kantor jual beli Online terbesar di Indonesia sangat ketergantungan dengan jaringan Internet . Sehingga, sangat rentan terhadap serangan virus yang mengancam mematikan sistem dan data.

Wabah Virus Wannacry Merebak Disdukcasip Terpaksa Hentikan Pelayanan

darikita.com, NGAMPRAH – Adanya kekhawatiran tersebarnya virus ransomeware jenis wannacry, membuat sebagian dinas di lingkup pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB) menghentikan pelayanan.

Di dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcasip) KBB.Pihaknya, terpaksa menghentikan sementara pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) agar tak terganggu virus untuk selamanya.

Kepala Disdukcasip KBB, Wahyu Diguna membenarkan, sudah dua hari pelayanan adminduk terpaksa dihentikan tepatnya pada Senin dan Selasa kemarin.

“Itu dilakukan untuk mengantisipasi serangan virus wannacry yang dapat merusak data adminduk pada jaringan komputer,”jelas Wahyu ketika ditemui di kantor kemarin (17/5)

Dirinya mengakui, saat ini memang jaringan internet dan Lokal area Network yang dimiliki masih aman. Namun, untuk memastikan dan mengatisipasinya pihaknya melakukan penghentian sementara.

Pihaknya juga, sudah melakukan backup 1,7 juta data adminduk yang berada di 30 unit CPU yang ada di Kantor Disdukcasip KBB. Terlebih, Disdukcasip memiliki lebih dari 100 user CPU yang tersebar di seluruh kecamatan di KBB.

“Kami periksa semua komputer yang ada, lalu mengbackup datanya untuk diselamatkan. Sehingga jika terjadi serangan virus itu maka masih ada backup data,” ujarnya.

Meski pelayanan adminduk dihentikan sementara, namun untuk pencetakan KTP elektronik masih tetap dilanjutkan. Pasalnya, untuk pencetakan e-KTP bisa menggunakan jalur khusus yang sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

“Mudah-mudahan bulan ini pencetakan e-KTP sudah beres sesuai ketersediaan blangko yang ada,” ungkapnya.

Wahyu memastikan, Pemkab Bandung Barat sudah mengantisipasi terkait dengan serangan virus Malware Ransomware jenis Wannacry yang saat ini ramai menyerang ke berbagai belahan negara di dunia.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) KBB Ludi Awaludin berpendapat sama, seluruh data masing-masing SKPD di Kabupaten Bandung Barat langsung dibackup dan dinyatakan aman.

Comments

comments

Check Also

Dorong Pembangunan Kawasan Metropolitan Cirebon Raya DPRD Jawa Barat Sadari Potensi Besar

darikita.com, CIREBON – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Irfan Suryanagara mengatakan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *