Senin , 17 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Aruman Rampung Tahun Ini
GATOT POEJI UTOMO/CIMAHI EKSPRES KEJAR TARGET: Para pekerja Jalan Aruman saat memperbaiki drainase. Sementara itu, pembangunan jalan ini ditargetkan rampung akhir tahun 2015 ini.

Aruman Rampung Tahun Ini

GATOT POEJI UTOMO/CIMAHI EKSPRES KEJAR TARGET: Para pekerja Jalan Aruman saat memperbaiki drainase. Sementara itu, pembangunan jalan ini ditargetkan rampung akhir tahun 2015 ini.
GATOT POEJI UTOMO/CIMAHI EKSPRES
KEJAR TARGET: Para pekerja Jalan Aruman saat memperbaiki drainase. Sementara itu, pembangunan jalan ini ditargetkan rampung akhir tahun 2015 ini.
Masih Terkendala Pelebaran Jalan

darikita.com, DEMANG HARDJAKUSUMA – Pengerjaan Jalan Aruman yang menghubungkan Jalan Pesantren menuju Jalan Budi di Kecamatan Cimahi Utara diperkirakan rampung akhir tahun 2015 ini. Jalan Aruman tersebut dibangun untuk mengurai kemacetan yang selama ini menjadi permasalahan di Kota Cimahi.

‪Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Agus Joko mengatakan, saat ini kelanjutan untuk pembangunan Jalan Aruman sedang dilaksanakan. ”Lanjutan pembangunan Jalan Aruman ini ditargetkan selesai di bulan Desember dan,sudah bisa dipakai di bulan Januari,” Kata Agus saat ditemui di ruang kerjanya di Jalan Rd.Demang Hardjakusuma, kemarin (1/10).

‪Dikatakan Agus, pembangunan Jalan Aruman mengalami dua tahapan dalam proses pembangunannya. Tahapan pertama dilakukan pada 2014 yang diawali dengan membangun jalan tersebut sepanjang 550 meter dengan lebar jalan 7 meter dengan menggunakan sebuah kontruksi jalan berupa betonisasi setebal 20 centimeter.

‪Masih di tahun yang sama (2014), lanjut Agus, pihaknya juga membangun sebuah jembatan dengan panjang 10,6 X 8,5 meter, dengan anggaran untuk jalan sebesar

Rp. 1,994 miliar.

”Sedangkan untuk pembangunan jembatannya sebesar Rp 1,480 miliar,” tambahnya.

Di tahun 2015 ini, pihaknya akan merampungkan pembangunan jalan tersebut, dengan sisanya sepanjang 220 meter di ditambah dengan pembangunan drainase, penghijauan jalan, dan rambu-rambu di kiri kanan jalan.

‪”Sisa pembangunan jalan menghabiskan anggaran sebesar Rp 383 juta sementara untuk drainase dan penghijauan di kiri kanan jalan menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,429 miliar,” tuturnya.

‪Dia mengaku untuk agenda pembangunan Jalan Aruman saat ini lebih cepat dibandingkan dengan agenda pembangunan Jalan Aruman di tahun sebelumnya.

‪”Tahun 2014 di bangun pada bulan Oktober selesai Desember, saat ini pembangunan jalan sudah berjalan dari mulai September dan rencananya dengan segala macam pembangunan seperti drainase dan rambu-rambu jalan akan selesai di bulan Desember tahun ini,” terangnya.

‪Kendati demikian, pihaknya mengaku masih mengalami sedikit kendala dengan sempitnya akses di Jalan Budi yang menjadi terusan bagi Jalan Aruman yang semestinya dilakukan pelebaran jalan. Namun, untuk rencana tersebut masih banyak sejumlah warga yang melakukan penolakan. Oleh sebab itu, Pihaknya berharap warga bisa legowo untuk rencana pelebaran jalan tersebut.

‪”Seharusnya di Jalan Budi ada pelebaran jalan karena lebar Jalan Budi hanya 5 sampai 6 meter, paling tidak harus ada pelebaran di kiri-kanan selebar 1,5 meter,” tandasnya. (gat/asp)

Check Also

Jamin Pelaksanaan Mudik Aman

CIMAHI – Untuk membe­rikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang akan mudik melintasi jalur Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *