Kamis , 27 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Cimahi Raih Adipura Kelima
KERJASAMA: Wali Kota Cimahi Atty Suharti dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil sedang rapat terkait TPA Sarimukti, belum lama ini. Kota Cimahi dan Kota Bandung pada tahun ini dipastikan mendapat Anugerah Adipura.

Cimahi Raih Adipura Kelima

KERJASAMA: Wali Kota Cimahi Atty Suharti dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil sedang rapat terkait TPA Sarimukti, belum lama ini. Kota Cimahi dan Kota Bandung pada tahun ini dipastikan mendapat Anugerah Adipura.

 

darikita.com,– Walikota Cimahi Atty Suharti dijadwalkan akan menerima Penghargaan Anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada 2015, untuk kategori Kota Sedang. Kepastian diperolehnya Piala Adipura tersebut setelah diterimanya Undangan Penyerahan Anugerah Adipura kepada Pemkot Cimahi.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Cimahi Hj. Sri Nurul Handayani melalui Kepala Bidang Kebersihan Ade Ruchiyat membenarkan hal ini. Baginya, penghargaan tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi warga Kota Cimahi. ”Kami telah menerima surat undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk menerima Piala Anugerah Adipura tersebut, yang akan diberikan pada Senin malam di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta,” sebutnya.

Anugerah Adipura ini kata Ade, merupakan yang kelima kalinya diterima oleh Kota Cimahi dalam bidang kebersihan lingkungan perkotaan. Namun, Anugerah Adipura ini bukanlah tujuan yang ingin dicapai oleh Pemerintah Kota Cimahi, tetapi lebih kapada motivasi bagi Pemerintah dan warga Kota Cimahi dalam menjaga kebersihan lingkungan. ”Kami juga sangat berterimakasih kepada warga Kota Cimahi yang sudah bersama-sama untuk menjaga kebersihan kota, mudah-mudahan saja ini akan lebih memotivasi lagi warga kota untuk meningkatkan budaya bersih dan sehat,” katanya.

Dijelaskannya, salah satu poin keberhasilan Kota Cimahi dalam Anugerah Adipura tahun ini adalah kontribusi yang nyata dari pengelolaan Bank Induk Sampah (Samici). Berkat adanya Bank Induk Sampah tersebut, maka volume sampah yang dibuang menjadi menurun, karena sebelum membuang sampahnya, warga melakukan pemilahan sampah yang bernilai ekonomis, sehingga sampah yang dibuang ke TPA adalah yang benar-benar tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Seperti diketahui, Piala Adipura tahun 2015 dibagi dalam 4 kategori, yakni kota peraih anugerah Adipura Kencana. Piala ini diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungan beyond compliance. Ada tiga kota meraih piala ini. Selanjutnya kota peraih Anugerah Adipura yang diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungannya memenuhi kriteria anugerah Adipura.

Anugerah Adipura ini ada 65 kota yaitu 5 kota metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 25 kota sedang, dan 32 kota kategori kota kecil. Selanjutnya kota peraih Sertifikat Adipura yang merupakan penghargaan kepada kota/ibukota kabupaten yang mengalami kenaikan nilai Adipura signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Peraih kota kategori ini ini ada 69 kota yaitu 1 kota kategori metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 18 kota kategori sedang, dan 47 kota kategori kecil.Terakhir kota Peraih Plakat Adipura yaitu penghargaan kepada lokasi terbaik sebanyak 17 kota dengan rincian taman kota terbaik 4 kota, pasar terbaik 3 kota, terminal terbaik 4 kota, hutan kota terbaik 4 kota dan TPA terbaik 3 kota. (bun/asp)

Check Also

Jamin Pelaksanaan Mudik Aman

CIMAHI – Untuk membe­rikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang akan mudik melintasi jalur Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *