Selasa , 18 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Doa bagi Kadisdik Jabar

Doa bagi Kadisdik Jabar

Ketua DPRD Ineu: Kedepankan Praduga Tak Bersalah

darikita.com, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Barat akan memberikan dukungan moral kepada Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Asep Hilman. Bentuknya, dengan melakukan doa bersama.

Ketua PGRI Jabar Edi Parmadi mengatakan, gerakan moral doa bersama ini ditujukan kepada Asep Hilman sebagai bentuk simpati. Memberikan support atas masalah yang sedang dihadapinya. Sebab, bagaimanapun Asep adalah bagian dari keluarga besar PGRI. ’’Pak Asep itu bagian dari keluarga besar PGRI dan Pengurus organisai PGRI,’’ jelas Edi saat jumpa pers di Kantor PGRI Jabar, Jalan Talaga Bodas, Bandung, kemarin (2/11)

Edi menilai, kasus hukum yang saat ini dihadapi harus dijalani sesuai aturan hukum. Dengan mengedepankan asas praduga tidak bersalah. Sebab, pembuktian siapa yang bersalah nanti akan diputuskan oleh pengadilan.

Selain itu, sebagai lembaga organisasi yang mendukung supremasi hukum, PGRI juga tidak berniat menghalangi proses penyidikan yang sedang berjalan. Namun, dalam prosesnya harus mengedepan asas keadilan. ’’Silakan hukum dijalankan dengan seadil-adilnya,’’ kata dia.

Doa bersama ini, kata dia, akan dilaksanakan oleh seluruh siswa dan guru di masing-masing sekolah di Jabar. Dilaksanakan usai upacara bendera atau sebelum belajar di kelas. ’’Ini semata-mata kami lakukan agar kadisdik Jabar diberikan kekuatan menghadapi musibah perkara hukum yang menimpanya. Terjaga dari fitnah dan terhindar dari tindakan pihak yang tidak bertanggung jawab,’’ jelas dia.

Edi menyampaikan, dengan adanya masalah ini diharapkan kinerja dinas pendidikan jangan sampai terganggu. Sebab, masih banyak program disdik Jabar yang harus dikerjakan. ’’Disdik bersama pemprov tentunya akan tetap menjalankan program untuk pembangunan di dunia pendidikan,’’ ucap dia.

Sependapat dengan Edi, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi menegaskan, ditetapkannya kadisdik sebagai tersangka oleh kejati harus mengedepankan asas praduga tak bersalah. Pasalnya, dalam prosesnya setiap penetapan tersangka belum tentu pelakunya bersalah.

Selain itu, dengan penetapan ini jangan sampai kinerja disdik jadi terganggu. Sebab, saat ini masih banyak pekerjaan rumah dan program-program yang harus dilakukakan.

Ineu mencontohkan, banyak program yang sekarang harus diteruskan. Seperti, pembangunan ruang kelas baru, dan pengalihan pengelolaan SMA/SMK ke Pemprov Jabar. Dengan begitu, dibutuhkan konsentrasi dan peningkatan kinerja. ’’Jadi selama (Asep Hilman) menjalani proses hukum, saya harapkan kinerja disdik tetap berjalan,’’ ungkap Ineu.

Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Subang Drs H E Kusdinar MPd mengajak guru dan siswa untuk mendoakan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dr Asep Hilman yang tengah berperkara hukum.

Ajakan itu Kusdinar sampaikan melalui pesan singkat yang dikirim ke kepala sekolah. Inti dari isi pesan tersebut, Kusdinar mengajak untuk mendoakan Asep Hilman pada upacara hari Senin.

“Untuk diberi kesabaran, ketabahan dan kelancaran dalam menjalani proses hukum,” katanya.

Saat dikonfirmasi Pasundan Ekspres (Bandung Ekspres Group), dia membenarkan jika dirinya mengajak agar guru dan siswa mendoakan Kadisdik Jabar tersebut. ”Atas nama pengurus PGRI Kabupaten Subang mengimbau kepada para kepala sekolah SMA/SMk untuk mendoakan, agar diberikan ketabahan, kelancaran,” kata pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang ini.

Mendoakan orang lain, kata dia, tidak ada salahnya. Namun yang pasti tidak ada intervensi terhadap hukum yang tengah berjalan.

”Mendoakan itu kan wajib hukumnya bagi muslim. Tidak intervensi hukum kalau mendoakan itu. Kita meminta kepada Allah tunjukan yang benar itu benar, yang salah itu salah,” ungkapnya.

Seperti diketahui Kadisdik Jabar Asep Hilman ditetapkan menjadi tersangka korupsi pengadaan buku aksara Sunda tahun anggaran 2010 oleh Kejaksaan Tinggi Jabar.

Asep resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik berdasarkan nomor Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) 478/02/fd.1/09/2015. (yan/ysp/hen/rie)

Check Also

Benfica vs Bayern Muenchen, Aguias Bakal Putus Rekor Buruk

darikita.com, 1-0. Meski menjadi modal penting bagi langkah Bayern Muenchen menantang Benfica di Estadio da Luz …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *