Kamis , 27 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Gelontorkan Dana Rp 54,9 M

Gelontorkan Dana Rp 54,9 M

Hibah untuk Kelancaran Pilkada Serentak

darikita.com, Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang, Pemkab Bandung telah menghibahkan dana kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung sebesar Rp 54,9 miliar.

Dana itu berasal dari APBD murni 2015 senilai Rp 39, 4 miliar ditambah dari APBD perubahan 2015 sebesar Rp 15,5 miliar. Data tersebut disampaikan Assisten Pemerintahan Pemkab Bandung H. Yudhi Haryanto, SH kepada rombongan Komisi II DPR RI yang dipimpin Ketua Tim Drs H Wahidin Halim MSi di Bale Sawala-Soreang kemarin (11/11). Turut hadir Wakil Bupati Bandung H. Deden R. Rumaji, M.AP, perwakilan KPU Kabupaten Bandung serta sejumlah pejabat SKPD lainnya.

Selain ke KPU, hibah dana diserahkan pula kepada Panwas (Panitia Pengawas) Pemilu sebesar Rp 11,9 miliar, termasuk untuk dana pengamanan Pilkada sebesar Rp 8,6 miliar masing-masing untuk Satpol PP, Polres Bandung, Polres Cimahi khususnya Polsek Margaasih dan Kodim 0609 Bandung.

Diakui oleh Yudhi Haryanto, bantuan hibah tersebut telah sesuai dengan bunyi pasal 126 ayat (1) UU No. 15 Tahun 2011 tentang penyelenggaraan pemilu. Di samping dana hibah, Pemkab Bandung juga telah memfasilitasi pelaksanaan sosialisasi pilkada kepada mitra kerja SKPD. Di antaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyosialisasikan Pilkada kepada Kepala SMA untuk partisipasi pemilih pemula. Kemudian, Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan menyosialisasikan kepada kelompok tani. Dan Dinas Tenaga Kerja kepada kelompok pengusaha dan serikat pekerja.

”Bantuan lainnya berupa penyediaan data penduduk potensial pemilu atau DP4 sebagai basis pemuktahiran dan penyusunan daftar pemilih,” papar Yudhi kemarin (11/11).

”Di samping itu kita juga menyediakan Desk Pilkada untuk membantu KPU,” tambahnya.

Untuk infomasi, dari hasil rapat pleno KPU 2 Oktober 2015 lalu, jumlah pemilih tetap Pilkada Kabupaten Bandung tahun 2015 sebanyak 2.505.929 orang. Jumlah itu terdiri laki-laki 1.269.944 orang dan perempuan 1.235.985 orang.

”Kita berharap tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada kali ini bisa mencapai lebih dari 85 persen,” harap Yudhi.

Wahidin Halim, wakil ketua Komisi II DPR RI menilai, langkah yang telah diambil Pemkab Bandung untuk membantu KPU dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang sudah berjalan baik.

Selain mendapat penjelasan tentang kesiapan penyelenggaraan pilkada, rombongan komisi II mendapat keterangan pula tentang penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Bandung mulai dari pelayanan KTP, KK, pembuatan SIM, pertanahan disamping pelayanan umum lainnya. (gun/rie)

Check Also

Benfica vs Bayern Muenchen, Aguias Bakal Putus Rekor Buruk

darikita.com, 1-0. Meski menjadi modal penting bagi langkah Bayern Muenchen menantang Benfica di Estadio da Luz …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *