Senin , 19 Agustus 2019
Breaking News
Home / ENTERTAINMENT / Menyusuri Danlop, Pesona Alam Tersembunyi di Dawuan
INDRAWAN/PASUNDAN EKSPRES ALAMI: Warga menikmati keindahan danau cinta yang berlokasi di Desa Cisampih, Kecamatan Dawuan.

Menyusuri Danlop, Pesona Alam Tersembunyi di Dawuan

Satu lagi wisata alam yang belum dikelola dengan baik. Padahal keindahannya jempolan di Subang. Danlop, masyarakat sekitar menyebutnya. Danlop merupakan akronim dari Danau Love atau danau cinta. Lokasinya terdapat di Desa Cisampih, Kecamatan Dawuan.

LAPORAN: INDRAWAN, Subang

Tempatnya yang tersembunyi, dengan jalan terjal berbatu, menjadi kendala bagi calon pengunjung Danlop. Namun bagi mereka yang mempunyai jiwa petualang, Danlop menjadi destinasi yang cocok untuk dikunjungi.

Salah satu pengunjung Danlop, Tofan Tri mengaku sempat salah jalan dan tersesat di perkebunan karet. Hal ini lantara warga sekitar kebingungan saat ditanya jalan menuju danau cinta.
“Ternyata warga di sini, tau namanya Danlop. Ketika saya tanya danau cinta, pada ngga tau, saya tersesat sampai tengah kebun karet sebelum akhirnya sampai di sini,” jelasnya.

Tofan mengaku sempat semalaman seorang diri di Danlope. Danlop ini merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin menyepi. Hanya saja jika akan bermalam di Danlop, harus membawa tenda sendiri dan makanan serta minuman yang cukup.

“Asik sih buat nyepi, tidak bising, asri. Cuma harus bawa tenda sendiri. Sebab ngga ada penyewaan tenda. Jangankan penyewaan tenda, warung aja ngga ada. Makanya bekal makanan. Juga mesti bawa banyak,” tambahnya.

Menerut pengelola Abun, Danlop merupakan danau buatan. Di dalamnya terdapat sumber mata air yang nyaris tidak pernah habis. Sebagai pemanfaatan, lahan di sekitar dibentuk lambang hati untuk menampung air dari mata air tersebut. Selain itu terdapat pesona alam yang lain seperti cadas gantung, pemandangan kebun buah naga, dan buah pisang yang mampu membuat segar penglihatan dari riuh pikuknya beton-beton di kota.

BACA JUGA:  Pemkab Perketat Pengawasan Izin Lingkungan
“Sedang terus dikembangkan, agar juga menjadi wisata andalan di Kecamatan Dawuan, sedikit demi sedikit sedang dibenahi, fasilitasnya ditambah, jalannya diperbaiki, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa bersaing dengan tempat-tempat wisata yang lain yang ada di Kabupaten Subang,’ ujarnya.

Abun juga menambahkan, selain terdapat cadas gantung, di lokasi sekitar juga terdapat goa jepang. Goa tersebut masih ditumbugi semak belukar. Dia juga meyakini belum banyak orang tau keberadaan goa tersebut. (idr/din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *