Senin , 17 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Moyes dan Musim yang Tak Tuntas
TEPUK TANGAN: David Moyes memberikan suport kepada timnya.

Moyes dan Musim yang Tak Tuntas

darikita.com, La Liga bukanlah tanah pengharapan seperti yang diinginkan David Moyes. Jangankan memperbaiki peruntungannya usai ditendang Manchester United saat musim belum berakhir, Moyes malah seakan mengalami djvu di La Liga. Lagi-lagi dia diberhentikan tidak pada akhir musim.

Melainkan pada saat musim masih berjalan. Terhitung mulai Senin kemarin WIB (9/11) Moyes sudah bukan lagi entrenador klub La Real – julukan Sociedad. ”Selamat tinggal Moyes, dan selamat datang Eusebio,” demikian bunyi pernyataan dari pihak Sociedad sebagaimana yang dikuutip dari Cadena SER.

Sebagai gantinya, petinggi Sociedad menunjuk Eusebio Sacristan. Terakhir, Sacristan ini menjadi pelatih di Barcelona B selama empat musim sejak 2011 silam. Dia termasuk di dalam komposisi pemain Barca yang menjuarai Piala Eropa (sekarang Liga champions) pada edisi 1991-1992.

Dilaporkan, keputusan untuk memecat mantan pelatih yang sukses bersama Everton itu setelah pihak klub melakukan pertemuan sejak Minggu kemarin waktu setempat. Atau sekitar 24 jam setelah Xabi Prieto dkk dipecundangi oleh klub juru kunci La Liga, Las Palmas dua gol tanpa balas di Estadio de Gran Canaria, Las Palmas.

Hasil minor itu jadi dua kekalahan beruntun setelah jornada sebelumnya takluk di tangan Celta Vigo 2-3 di Anoeta. Overall, musim ini enam kali kekalahan sudah ditelan Sociedad dari 11 jornada. Dengan hanya mengemas sembilan poin dari kontribusi dua kali menang dan tiga kali imbang, Sociedad berada dua strip di atas jurang degradasi.

Selain itu, sejak jornada 1 hingga jornada 11 belum sekalipun Sociedad mampu menembus posisi sepuluh besar klasemen sementara La Liga. Secara keseluruhan, sejak diangkat menjadi pelatih Sociedad, sudah 42 pertandingan dijalani Moyes. Dari jumlah itu, 12 kali dia membawa Sociedad menang, 15 kalah dan 15 imbang.

Persentase kemenangan yang hanya 28,57 persen dianggap sudah tidak bisa jadi toleransi lagi. Baik Moyes ataupun pihak Sociedad belum memberikan pernyataan secara terbuka. Akan tetapi, pakar sepak bola Spanyol Graham Hunter kepada talkSPORT mengaku sudah berkomunikasi dengan Moyes.

”Dia berkata, bahwa tugasnya sudah selesai. Saya berbicara dengannya panjang lebar semalam (Minggu malam),” ungkap Hunter dalam sebuah program talkSPORT bernama Alan Brazil Sport Breakfast. Hunter juga mengkritisi cara yang dilakukan petinggi Sociedad.

Terutama Presiden Jokin Apperibay yang sudah mengambil keputusan sebelum keduanya bertemu. Ketika diumumkan, Moyes belum bertemu dengan pihak klub. ”Ini bukan cara yang bagus untuk memperlakukan seseorang yang pernah menyelamatkan klub musim lalu,” kecamnya. (ren/asp)

Check Also

Benfica vs Bayern Muenchen, Aguias Bakal Putus Rekor Buruk

darikita.com, 1-0. Meski menjadi modal penting bagi langkah Bayern Muenchen menantang Benfica di Estadio da Luz …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *