Kamis , 27 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / No Messi, (Harus) No Worry
Istimewa HARUS BISA: Skuad Argentina akan tampil tanpa Lionel Messi dalam beberapa pertandingan. Termasuk saat nanti bertandang ke Paraguay di Estadio Defensores del Chaco, Asuncion.

No Messi, (Harus) No Worry

Istimewa  HARUS BISA: Skuad Argentina akan tampil tanpa Lionel Messi dalam beberapa pertandingan. Termasuk saat nanti bertandang ke Paraguay di Estadio Defensores del Chaco, Asuncion.
Istimewa
HARUS BISA: Skuad Argentina akan tampil tanpa Lionel Messi dalam beberapa pertandingan. Termasuk saat nanti bertandang ke Paraguay di Estadio Defensores del Chaco, Asuncion.

darikita.com, BUENOS AIRES – Susah mendulang kemenangan tanpa Lionel Messi? Itu sepertinya lebih pantas diucapkan Barcelona saja. Bukan timnas Argentina. Jika Barca mengalami kesulitan tanpa La Pulga -julukan Messi, maka ujian bagi Argentina untuk melepaskan diri dari Messi-dependent itu dimulai Jumat pagi nanti (9/10).

Dimulai dari Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, Jumat pagi besok (9/10) misi La Albiceleste tersebut diuji. Lima hari berselang, Argentina terbang menuju Asuncion menantang tuan rumah Paraguay di Estadio Defensores del Chaco, Asuncion.

Dikatakan ujian, karena Gerardo’Tata’ Martino sudah lama tidak memainkan strategi tanpa El Capitan. Sejak menukangi La Albiceleste pasca Piala Dunia lalu, sudah 16 laga dijalani Tata. Messi selalu dimainkan terhitung dari pertandingan kesembilannya pada 14 Juni lalu.

Sejak ditahan imbang Paraguay di Copa America 2015 lalu, hingga friendly match lawan Meksiko 9 September lalu nama Messi tidak pernah absen. Dengan kata lain, delapan laga terakhir Argentina bersama Tata selalu terbantu dengan keberadaan Pemain Terbaik Eropa 2015 itu.

”Messi tidak akan bersama kami besok. Namun itu bukan jadi alasan kami tidak mampu untuk tampil menyerang. Kami harus mencari cara terbaik untuk menyerang, dan kami coba memastikan tanpa Leo tak akan terjadi apa-apa di tim ini,” ujar Javier Mascherano sebagaimana yang diberitakan Goal.

Masche akan memegang kendali sebagai kapten menggantikan Messi sepanjang dua laga nanti. Kemungkinan besar, absennya Messi lebih berdampak dari sisi serangan. Karena, setahun terakhir ini Messi bukan hanya produktif dalam mencetak gol. Pun demikian juga dengan assists-nya.

Total, dalam setahun terakhir Messi sudah mengoleksi 7 gol dan 5 assists bagi Argentina. Untuk pembeda, Tata bisa berharap dari ledakan Sergio Aguero yang baru saja mencetak lima gol bagi Manchester City ketika menghajar Newcastle United 6-1 di Etihad, Sabtu malam lalu (3/10).

Masche meminta Aguero juga kembali meledak untuk mengawali jalan ke Piala Dunia ini lagi. ”Start yang bagus akan berdampak dengan pertandingan berikutnya. Kalau tidak, jalan yang panjang akan sangat sulit. Kualifikasi Piala Dunia lebih sulit dari ajang mana pun,” tutur bek tengah dan gelandang bertahan Barca itu.

Bukan hanya Messi, Tata juga kehilangan beberapa pilar penting lainnya. Misalnya bek Marcos Rojo, serta duo gelandang Enzo Perez dan Ever Banega. Sama dengan Messi, ketiga pemain itu juga absen karena cedera. Khusus untuk Messi, Tata sudah mempunyai kandidat di sisi kanan.

Baik untuk formasi permainan 4-3-3 ataupun 4-2-3-1, sisi kanan serangan bisa memilih antara Ezequiel Lavezzi atau Angel Di Maria. Opsi itu bisa bertahan andaikan pemulihan cedera robek ligament kaki kanan Messi belum pulih hingga sebulan ke depan. Messi bisa absen dalam laga penting di bulan Nopember.

Termasuk duel keras dengan Brasil (14/11) lalu bertandang ke markas Kolombia empat hari kemudian. ”Apapun yang terjadi, tim harus bersiap tanpa Messi lagi. Sebelum saya di sini, tim ini bisa kok bermain bagus tanpa Messi. Kalau sebelumnya bisa, kenapa saya tidak,” ungkap Tata, sebagaimana diberitakan di El Universo.

Disinggung bagaimana peluang timnya memainkan strategi tanpa Messi, mantan pelatih Messi di Barca musim lalu itu tidak berspekulasi. ”Kalau kami mengalami kekalahan, pasti banyak yang menyebut kami merindukan Messi. Sebaliknya, kalau kami menang pasti banyak yang memuji kami lepas dari Messi. Jadi, silakan simpulkan sendiri,” tegas Tata.(ren/asp)

Check Also

Jamin Pelaksanaan Mudik Aman

CIMAHI – Untuk membe­rikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang akan mudik melintasi jalur Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *