Selasa , 18 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Pertanian Keluarga Dorong Ketahanan Pangan
FAJRI ACHMAD NF / BANDUNG ESKPRES DORONG TERUS: Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Kota Bandung Elly Wasliah (kelima kanan) berfoto bersama anggota PKK pada Panen Raya, Selasa (3/11). Istri Wakil Wali Kota Bandung menyebut ketahanan pangan dimulai dari unit terkecil, yaitu keluarga.

Pertanian Keluarga Dorong Ketahanan Pangan

Ketahanan Ekonomi Bakal Tercipta

darikita.com, Melalui komunikasi yang baik antar anggota keluarga, mempunyai visi yang sama serta pola penguatan dan pengembangan yang berkualitas, ketahanan ekonomi keluarga akan tercipta. Maka, dengan kata lain melabeli keluarga sebagai lingkungan sosial terkecil di masyarakat tidak berlebihan. Sebab, dalam keluarga terjadi sebuah proses pembentukan karakter bagi anak saat bersosialisasi dan tumbuh dewasa.

Atas dasar pemikiran tersebut, secara spontan Siti Muntamah Istri Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, yang telah berhasil mengembangkan pertanian sayuran hidroponik.

’’Distan KP sudah menginisiasi kekokohan ekonomi keluarga dengan mengembangkan tanaman pertanian hidiroponik hingga ke tingkat RW,” tukas Siti Muntamah, di sela panen raya sayuran hidroponik, di lingkungan kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, kemarin.

Di kesempatan tersebut, dia meminta ibu rumah tangga agar mempertahankan lahan dilingkungan rumahnya untuk lahan pertanian. Hal itu merupakan salah satu cara dalam menyokong ketahanan pangan. Secara tidak langsung masyarakat menikmati hadirnya pertanian di lingkungan keluarga. ’’Ini mendorong indek kebahagian terus meningkat. Apalagi pertanian itu dikerjakan ririungan (Gotong Royong),” ujar Siti.

Selain itu, Siti berharap, terdampak pertanian sayuran hidroponik mampu meningkatkan ekonomi keluarga. Pasalnya, menurut Siti, rata-rata petani yang kuat dimulai dari keluarga. ’’Diharapkan muncul pengusaha petani keluarga atau ibu rumah tangga. Sehingga, mereka mampu menangkis serbuan sayuran, buah-buahan, dan bahan pangan yang datangnya dari luar negeri,” kata Siti. (edy/vil)

Check Also

Benfica vs Bayern Muenchen, Aguias Bakal Putus Rekor Buruk

darikita.com, 1-0. Meski menjadi modal penting bagi langkah Bayern Muenchen menantang Benfica di Estadio da Luz …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *