Senin , 17 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Polres Bandung Siagakan 350 Personel
YULI S YULIANTI/BANDUNG EKSPRES PARA JUARA JUARA: Pemenang perlombaan Potong Kayu foto bersama dengan Kapolres Bandung AKBP Erwin Kurniawan di Mapolres Bandung, Kamis (19/11).

Polres Bandung Siagakan 350 Personel

Setiap Kesatuan Saling Mengenal Melalui Apel Siaga Bencana

darikita.com, Kepolisian Resort Bandung menggelar Apel Siaga Bencana dengan menyiapkan 350 personel untuk antisipasi penanganan bencana alam di wilayah hukum Polres Bandung. Personel dari Polres Bandung akan dibantu oleh personel dari BPPD Kabupaten Bandung, Satpol PP Kabupaten Bandung, Batalyon Zipur 3, Batalyon 330, Batalyon Korpaskhas, dan Brimob Polda Jabar.

Kapolres Bandung, AKBP Erwin Kuriawan mengatakan, apel siaga bencana ini untuk kesiapan menghadapi bencana dan melakukan pengecekan sarana dan pra sarana alat-alat evakuasi. Untuk jumlah personel yang nanti akan dilibatkan dalam membantu korban bencana alam, tergantung dari dampak bencana yang diakibatkan. Jika bisa ditangani oleh satuan Polres Bandung dan Brimob Polda Jabar, maka pihak lain seperti dari TNI, BPPD, serta Satpol PP sifatnya standby menunggu panggilan.

’’Bencana itu kan datangnya tidak bisa diduga, jadi dengan apel kesiapan ini, setiap kesatuan sudah saling mengenal dan mengetahui nomor kontak masing-masing. Sehingga memudahkan koordinasi untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terkena bencana alam,’’ kata Erwin usai Apel siaga bencana di Mapolres Bandung, Kamis (19/11).

Untuk armada dalam kesiapan penanganan bencana, tutur Erwin, juga disesuaikan dengan berapa besar dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut. Seperti banjir, longsor maupun puting beliung. Pasalnya, beberapa wilayah di Kabupaten Bandung teridentifikasi sebagai rawan bencana. Seperti Baleendah, Majalaya, Dayeuhkolot dan Bojongsoang yang rawan banjir.

’’Mudah-mudahan bencana tersebut tidak datang secara bersamaan sehingga berdampak pada semskin luasnya wilayah yang membutuhkan pertolongan. Nanti di setiap polsek ada call center bencana dengan sentralnya ada di Polres Bandung melalui Komando Pengendali Lapangan (KPL) termasuk nomor kontak yang bisa dihubungi 24 jam,’’ tuturnya.

Setelah acara spel siaga bencana, Polres Bandung langsung menggelar perlombaan Potong Kayu dengan menggunakan Zensho. Perlombaan tersebut pesertanya pun para anggota Polsek dan anggota Patroli Polres Bandung

Perlombaan ini sengaja digelar dengan tujuan supaya anggota kepolisian siap kalau ada pohon tumbang, apalagi pohon tumbang tersebut sampai ke tengah jalan yang mengakibatkan jalanan macet. ’’Jadi anggota bisa langsung membereskan pohon tersebut,” kata Erwin.

Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Polsek Majalaya. Sedangkan, juara kedua Polsek Ciparay, juara ketiga anggota Patroli Polres Bandung, juara keempat Kapolsek Kapang dan juara kelima Polsek Solokan Jeruk. (A1/yul/tam)

Check Also

Benfica vs Bayern Muenchen, Aguias Bakal Putus Rekor Buruk

darikita.com, 1-0. Meski menjadi modal penting bagi langkah Bayern Muenchen menantang Benfica di Estadio da Luz …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *