Kamis , 27 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Sinergi Aktif untuk Kota Kreatif

Sinergi Aktif untuk Kota Kreatif

darikita.com, PENGEMBANGAN wilayah Gedebage sebagai pusat baru kota telah dipersiapkan Pemerintah Kota Bandung sejak pertengahan 1990-an. Ini dilihat dari beberapa studi yang menyimpulkan bahwa wilayah Gedebage berpeluang menstimulasi pembangunan pusat pelayanan primer apabila tersedia sarana telekomunikasi, transportasi, infrastruktur, serta sarana penunjang lainnya. Melihat seluruh potensi tersebut, Pemerintah Kota Bandung pun menetapkan Gedebage sebagai Pusat Pelayanan Kota (PPK) baru bagi Kota Bandung pada 2004.

Lewat penetapan itu, perencanaan pengembangan wilayah Gedebage sebagai pusat baru kota akan memenuhi seluruh sarana. Pusat baru kota ini juga diproyeksikan menjadi kota kelas dunia yang berbasis Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK).

Perwujudan Gedebage sebagai PPK sudah bisa dirasakan sejak 2009 dengan dimulainya pembangunan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Stadion bertaraf internasional ini telah berdiri megah di Gedebage dan pembangunannya telah memasuki fase perapihan fasilitas; seperti jalan akses dan tempat parkir. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bahkan telah mengeluarkan surat rekomendasi pada Oktober 2015 agar pembukaan dan penutupan PON XIX di Jawa Barat dilaksanakan di Stadion GBLA.

Fasilitas lain yang sudah dimulai pembangunannya adalah segmen pertama dari jalan tol Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR). Segmen ini membuka akses baru ke kawasan Bandung Timur, khususnya Gedebage, melalui pintu tol KM 149 dari jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Pemerintah membagi pembangunan akses baru tol ini menjadi dua bagian. Pertama, pembangunan ruas jalan sepanjang lebih dari 500 meter yang mulai dibangun pada Juli 2015 dan ditargetkan rampung pada akhir tahun yang sama. Kedua, yang termasuk ruas jalan sepanjang lebih dari 600 meter plus dua jalan layang direncanakan selesai pada Agustus 2016.

Segmen pertama jalan tol BIUTR ini adalah langkah awal untuk menghubungkan jalan Tol Pasteur dengan Tol Padaleunyi. Pemerintah Kota Bandung berharap jalan tol ini menjadi stimulus pembangunan di kawasan Gedebage, yang merupakan lokasi untuk pembangunan Bandung Teknopolis. Manfaat terbukanya pintu tol KM 149 akan sangat terasa apabila Pemerintah Provinsi Jawa Barat memutuskan memakai Stadion GBLA untuk perhelatan PON XIX.

Di samping kedua fasilitas tersebut, Pemerintah Kota Bandung juga tengah mematangkan rencana memindahkan Pusat Pemerintahan Kota berikut Seluruh Kantor Dinas Pemerintahan (SKPD) ke Gedebage. Saat ini, kantor-kantor dinas pemerintahan tersebar di beberapa lokasi di Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung berharap pemusatan seluruh kantor dinas akan meningkatkan efisiensi dan kecepatan pelayanan bagi masyarakat. Selain itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai pemindahan pusat pemerintahan akan berdampak positif karena menjadi generator pertumbuhan ekonomi untuk Gedebage dan area sekitarnya.

Sebagai pusat baru kota, urusan transportasi tentunya juga menjadi salah satu isu penting. Di dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2004 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Bandung juga diatur rencana pembangunan Terminal Terpadu di Gedebage. Terminal Terpadu ini akan menjadi penyambung antarkawasan primer. Dengan cara menggabungkan beberapa moda transportasi umum massal di dalam satu bangunan; seperti kereta, monorel, dan bus.

Untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Gedebage, Summarecon Bandung turut berpartisipasi dalam rencana pengembangan pusat baru kota dengan menghadirkan kawasan urban modern dengan fasilitas lengkap, didukung dengan lingkungan yang aman dan nyaman. Dukungan terhadap infrastruktur di Gedebage juga akan dilakukan Summarecon Bandung melalui sarana dan prasarana transportasi berupa trem dan Bus Rapid Transit (BRT).

Pengembangan Kota Summarecon Bandung meneruskan formula seperti kota-kota Summarecon sebelumnya; seperti Summarecon Kelapa Gading, Summarecon Serpong, dan Summarecon Bekasi. Di ketiga area itu, Summarecon membangun kawasan yang memadukan secara harmonis fungsi residensial dan komersial. Tujuannya, memberikan kemudahan bagi para penghuni untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. (A1)

Check Also

Jamin Pelaksanaan Mudik Aman

CIMAHI – Untuk membe­rikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang akan mudik melintasi jalur Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *