Selasa , 29 September 2020
Home / bandung raya / Tahun Depan 200 PNS Cimahi Masuki BUP

Tahun Depan 200 PNS Cimahi Masuki BUP

CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi memerkirakan ada sekitar 200 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) di tahun depan. Artinya, Pemkot Cimahi akan kehilangan ratusan pegawainya pada 2020 yang akan datang.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pengadaan dan Mutasi pada Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Jamaludin mengatakan, jumlah angka pensiun PNS tahun depan itu tidak akan tertutupi dengan jumlah formasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kota Cimahi menerima 99 formasi dalam seleksi CPNS yang rencananya dimulai 11 November mendatang.

”BUP itu di atas 200 tahun depan. Idealnya kita menambah formasi CPNS itu diangka 200,” kata Jamaludin saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Rabu (30/10).

Jamaludin menjelaskan, alasan minimnya formasi CPNS yang diajukan dan disetujui oleh Kemenpan RB itu dikarenakan terbentur anggaran. Pihaknya berharap formasi untuk penerimaan CPNS ke depan minimal bisa diangka 200 formasi.

”Memang anggaran kita terbatas. (Tapi) paling tidak 50 persen (pengadaan CPNS) dioptimalkan. Mudah-mudahan ke depan kita bisa mengajukan CPNS itu sesuai dengan angka BUP,” jelasnya.

Jumlah PNS di Kota Cimahi sendiri saat ini mencapai 4.481 orang. Rinciannya, laki-laki sebanyak 1.786 orang dan perempuan sebanyak 2.695 orang. Ditambah dengan abdi negara yang masih berstatus CPNS hasil seleksi tahun 2018 sebanyak 238 orang.

Jamaludin melanjutkan, untuk seleksi CPNS tahun ini sendiri pihaknya masih menunggu Petunjuk Pelaksana dan Petunjuk Teknis (Juknas-Juknis) seputar seleksi CPNS berupa
Peraturan Menpan RB terbaru era Tjahjo Kumolo.

”Jadi masih nunggu peratuuran menteri yang baru (Tjahjo Kumolo). Nanti Juknas-Juknisnya ada di Permenpan seperti tahun lalu. Katanya begitu,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Jamaludin, pihaknya masih melakukan berbagai persiapan seperti berkoordinasi dengan pemerintah pusat, menyiapkan help desk, tim verifikasi validasi.

”Tetap kami bekerja tiap hari terus dipersipakan,” ucapnya.

Kemudian, akan ada juga Panitia Seleksi Daerah (Panselda) CPNS 2019 di Kota Cimahi yang akan diisi sekitar 15-20 orang. Mereka yang dilibatkan dalam kepanitiaan berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkot Cimahi.

”Nanti ada Panselda juga. Lagi dibikin SK-nya. Jadi begitu Permenpan yang baru muncul, kita udah siap dengan perangkatnya,” pungkasnya. (mg3/ziz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *