Kamis , 27 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Tebing Keraton Direhab
Dokumentasi/istimewa PERBAIKAN FASILITAS: Hingga saat ini kawasan Tebing Keraton masih dalam tahap renovasi. Selain memperbaiki akses menuju lokasi, banyak masukan untuk memperbaiki area parkir.

Tebing Keraton Direhab

Fasilitas Baik, Otomatis Tingkat Kunjungan Naik

darikita.com,– Kawasan wisata Tebing Keraton sedang direnovasi. Perbaikan tersebut diharapkan meliputi seluruh aspek.

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bandung melalui bidang Pariwisata membenarkan adanya renovasi tersebut. Aktivitas perbaikan tersebut berjalan selama Oktober.

Kabid Pariwisata Dispopar Rully menegaskan, perbaikan fasilitas di Tebing Keraton sebaiknya dilakukan secara menyeluruh. ”Artinya tidak hanya area parkir di dalam saja yang diperbaikinya melainkan area parkir di luarnya juga diperbaiki,” tuturnya.

Dia berharap, seluruh fasilitas yang merupakan kewenangan Badan Koservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) provinsi Jabar itu tidak tanggung. ”Jika sudah baik, tentu berimbas positif bagi tingkat kunjungan,” terang Rully.

Menurut dia perbaikan yang dilakukan selama Oktober itu memang sangat tepat. Sebab, di cuaca sedang kemarau. ”Selain itu memang anggarannya bertepatan turun di bulan Oktober ini,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung Imam Soetanto meminta pemerintah kabupaten Bandung memperhatikan lokasi wisata baru Tebing Keraton. Hal itu dibuktikan dengan surat permohonan bantuan kepada pemkab Bandung melalui dinas pemuda olahraga dan pariwisata (Dispopar) kabupaten Bandung, tanggal 26 Agustus lalu.

Isi surat itu disampaikan kades Imam itu, menyebutkan Tebing Keraton merupakan lokasi wisata baru di wilayahnya yang butuh penanganan serius pihak pemerintah. Maksudnya, agar lokasi wisata alam itu maju dan banyak dikunjungi wisatawan asing dan lokal.

”Ya memang kami meminta agar Dispopar untuk melihat kondisi Tebing Keraton. Sebab, lokasi wisata alam ini sangat bagus, sehingga perlu penanganan serius dari pemkab Bandung,” terang Imam.

Tebing Keraton, kata dia, memiliki pemandangan spektakuler jika dilihat dari ketinggian. Hutan yang lebat dengan pepohonan yang hijau, membuat para pengunjungnya tertarik untuk datang ke lokasi itu. Bahkan, sejumlah pengunjung yang kebanyakan dari kalangan anak mahasiswa ini memanfaatkan momen untuk selfie.

Sementara itu, Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Bandung H Dodi Abdurahman mengatakan, lokasi wisata alam Tebing keraton atau lokasi wisata alam lainnya memang perlu penanganan serius Pemkab Bandung. Namun demikian, tidak hanya Tebing Keraton, tapi juga lokasi wisata alam lainnya juga pelu diperhatikan.

”Bahkan kami sudah menyosialisasikan kepada masyarakat pariwisata bahwa setiap lokasi wisata itu harus dilengkapi dengan wisata agronya. Tidak hanya sekadar wisata alamnya saja,” tuturnya.

”Di Desa Ciburial juga demikian. Saking banyaknya lokasi wisata alam, Kompepar tergerak hatinya untuk terus melakukan upaya pengembangan itu hingga ke seluruh lokasi wisata di Kabupaten Bandung,” paparnya. (gun/rie)

Check Also

Benfica vs Bayern Muenchen, Aguias Bakal Putus Rekor Buruk

darikita.com, 1-0. Meski menjadi modal penting bagi langkah Bayern Muenchen menantang Benfica di Estadio da Luz …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *