Kamis , 27 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / The Reds Kini Berstatus Underdog

The Reds Kini Berstatus Underdog

the-reds-641x330

darikita.com, LIVERPOOL – Sulit menang di Eropa (hm, sepertinya di semua ajang) masih dirasakan oleh Liverpool musim ini. Dalam laga kedua Grup B Europa League kontra Sion dini hari kemarin (2/10), tim Merseyside itu kembali bermain imbang 1-1. Hasil ini sama jeleknya dengan kalah. Pasukan Brendan Rodgers bermain di kandang sendiri, Anfield. Lawannya pun hanya klub papan tengah Liga Swiss!

Adalah gol Ebenezer Assifuah di menit 18 yang memupuskan harapan penggawa The Reds, sebutan Liverpool. Sebab, tuan rumah unggul dahulu ketika laga baru berjalan empat menit. Adam Lallana memanfaatkan assist Divock Origi menjebol gawang Sion.

”Sudah pasti ini mengecewakan. Mudah sekali mengatakan apa yang terjadi sepanjang pertandingan,” ungkap Rodgers, sebagaimana dikutip Guardian. ”Kami memulai dengan bagus, lalu memberi Sion satu gol yang mestinya tak perlu terjadi. Lalu kami menciptakan banyak peluang yang tak satu pun bisa dimanfaatkan,” Rodgers menjelaskan.

Di Europa League, Ini adalah hasil imbang kedua. Pada matchday perdana, mereka ditahan imbang Bordeaux (17/9). Liverpool pun harus puas berada di peringkat dua dengan selisih dua poin dari Sion.

Walaupun tidak kalah, Liverpudlian pun mulai khawatir pada performa The Reds. Sebab, besok malam mereka menghadapi rival sekota Everton dalam derby Merseyside yang bakal berlangsung di Goodison Park. Legenda Liverpool Jamie Carragher mengatakan, hasil imbang ini memberikan konsekuensi berat.

”Aku melihat bahwa status Liverpool saat ini adalah underdog, sedangkan Everton favorit,” ujar mantan bek tengah Liverpool periode 1996-2013 itu kepada Sky Sports.

Dalam 17 bentrok terakhir, Everton memang hanya mampu menang sekali. Namun, Carragher memperingatkan, terlalu dini jika penggawa Liverpool mengira mereka bisa mengandaskan pasukan Roberto Martinez tersebut.

Dalam tujuh laga awal Premier League saat ini, Everton baru kebobolan dua gol, yakni saat kalah 0-2 dari Manchester City. Satu nilai plus lagi, Everton adalah tim di luar big four yang mampu mengandaskan juara bertahan Chelsea dengan skor tiga digit.

Menurut Carragher, hal ini pastinya bakal memberikan tekanan yang luar biasa pada ruang ganti Liverpool saat ini. Apalagi dengan geliat transfer mereka yang cukup aktif sepanjang musim ini dengan total pengeluaran sebesar GBP 67,3 Juta atau Rp 1,50 Triliun.

Mantan pemain yang sudah mempersembahkan 12 trofi bersama Liverpool itu menjelaskan, dengan status mereka sebagai tim besar dan sangat agresif di bursa transfer, publik tentu berekspektasi tinggi. Liverpudlian sangat berharap mereka kembali mengangkat trofi. Piala terakhir yang mampir ke Anfield adalah Piala Liga edisi 2012.

”Dari perbandingan permainan kedua tim, aku pikir Everton bakal mendapat keuntungan,” tutur Carragher. ”Apalagi mereka bermain di Goodison Park, kandang mereka, yang pastinya bakal membuat Everton makin semangat,” lanjutnya.

Defender The Reds Kolo Toure mengingatkan teman-temannya untuk tidak membuat kesalahan yang sama seperti kala menghadapi Sion. Menurut dia, timnya terlalu mudah kehilangan bola. Sektor pertahanan juga disebutnya paling bertanggung jawab dalam terjadinya gol Assifuah yang menyamakan kedudukan.

”Benar-benar bikin frustrasi. Ketika banyak sekali peluang terjadi, tapi kami tak cukup bekerja keras untuk mengubahnya menjadi gol. Itu mengecewakan,” tutur Toure kepada Liverpool Echo. ”Satu kesalahan saja, dan kami kehilangan semuanya. Kami tidak memandang remeh Sion. Kami hanya kehilangan insting membunuh,” imbuhnya.

Di sisi lain, buat Sion hasil ini setara dengan kemenangan. ”Saya puas sekali. Anak-anak bekerja sangat bagus,” ujar Didier Tholot, pelatih Sion, kepada Reuters. ”Kami punya game plan dan berhasil mengeksekusinya di lapangan. Kami mengira Liverpool akan menekan kami begitu keras. Tapi kami bisa mengatasinya,” imbuh dia. (apu/na/asp)

Check Also

Jamin Pelaksanaan Mudik Aman

CIMAHI – Untuk membe­rikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara yang akan mudik melintasi jalur Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *