Senin , 17 Juni 2019
Breaking News
Home / BERITA UTAMA / Tiga Seri Lagi, Rossi!
Istimewa SPORTIF: Valentino Rossi memberikan selamat kepada Dani Pedrosa yang sukses menaklukkannya di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (11/10). Meski begitu, kesempatan Rossi menjadi juara dunia masih terbuka lebar.

Tiga Seri Lagi, Rossi!

Istimewa  SPORTIF: Valentino Rossi memberikan selamat kepada Dani Pedrosa yang sukses menaklukkannya di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (11/10). Meski begitu, kesempatan Rossi menjadi juara dunia masih terbuka lebar.
Istimewa
SPORTIF: Valentino Rossi memberikan selamat kepada Dani Pedrosa yang sukses menaklukkannya di Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (11/10). Meski begitu, kesempatan Rossi menjadi juara dunia masih terbuka lebar.

darikita.com, Misi Valentino Rossi untuk paling tidak finis di depan rekan setim sekaligus rivalnya, Jorge Lorenzo, terpenuhi di Grand Prix Jepang, Minggu (11/10). Meskipun tak berhasil juara di sirkuit Motegi, tapi “The Doctor” yang finis di belakang Dani Pedrosa (Repsol Honda) yang meraih kemenangan pertamanya musim ini, sudah cukup senang karena ia mampu mengasapi Lorenzo yang finis di posisi ketiga.

GP Jepang adalah satu dari empat seri pemungkas yang menjadi penentuan buat Rossi dan Lorenzo untuk jadi yang terbaik di balapan MotoGP musim ini. Sebelumnya, kedua pebalap dari tim Movistar Yamaha itu hanya berjarak 14 poin. Dengan keberhasilan Rossi finis di depan Lorenzo di Motegi, kini jarak keduanya bertambah jadi 18 poin. Rossi masih memimpin dengan 283 poin, sedangkan Lorenzo di posisi kedua dengan 265 poin.

Lorenzo yang start dari posisi pertama sebenarnya tampil sangat dominan di awal balapan. Ia langsung melesat meninggalkan pebalap lainnya. Namun performa motornya menurun di lap-lap terakhir sehingga posisinya disalip Pedrosa dan Rossi.

’’Ini adalah balapan yang sangat sulit, terutama menjelang akhir karena kami tertekan untuk mengontrol motor yang mulai sulit digeber lantaran ban yang semakin menipis,” kata Rossi usai balapan seperti dilansir crash.net

’’Start nya bagus, di lap pertama Lorenzo lebih kuat dari saya dan mampu menjauhi saya. Saya mencoba tak tertinggal terlalu jauh dan terus mengikutinya. Setelah beberapa lap, jaraknya tetap sama dan saya mulai termotivasi untuk tak tertinggal lebih jauh lagi karena kami jelas lebih cepat dari semua pembalap lainnya di Motegi,” lanjut Rossi.

Salah satu faktor utama kegagalan Lorenzo merebut tiga gelar beruntun di Motegi adalah karena kondisi lintasan yang mulai mengering setelah sempat diguyur hujan saat menggelar balapan Moto2. ’’Ketika lintasan mulai kering, sulit untuk mengendalikan motor dan aku melihat Jorge melambat. Ini merupakan sebuah hasil yang bagus untuk kejuaraan,’’ tuturnya.

Kini misi Rossi untuk merebut gelar juara dunia kesepuluh dalam karirnya tergantung hasil dari tiga seri lagi. ’’The Doctor” mengaku hanya ingin fokus dari satu seri ke seri lainnya. Lagi pula, kata Rossi, penentuan gelar juara dunia tidak hanya bergantung dari hasil yang diraih ia dan Lorenzo namun juga dipengaruhi performa pebalap Honda serta tim-tim pengganggu seperti Ducati.

’’Ada dua Honda, dua Ducati. Mungkin kedua Ducati tidak terlalu, tapi rider-rider Honda selalu tangguh, Marc selalu seperti itu tapi sekarang juga ada Dani yang dalam kondisi bagus dan ia kompetitif dalam dua balapan terakhir,’’ ucap Rossi.

’’Amatlah sulit untuk memikirkan tiga balapan, saya hanya ingin memikirkan satu per satu. Saya suka Phillip Island seperti banyak rider lain, tapi selalu sulit untuk menemukan pengaturan motor dan kondisinya bisa menyulitkan, berangin, dingin, tapi itu merupakan lintasan yang bagus dan kami akan berusaha untuk berusaha semaksimal mungkin,’’ pungkasnya. (dim/vil)

Hasil GP Jepang:

  1. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) 46m 50.767s
  2. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 46m 59.340s
  3. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 47m 2.894s
  4. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) 47m 18.608s
  5. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 47m 25.852s
  6. Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V) 47m 28.030s
  7. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) 47m 28.434s
  8. Katsuyuki Nakasuga JPN Yamaha Factory Racing (YZR-M1) 47m 35.421s
  9. Hector Barbera ESP Avintia Racing (Desmosedici GP14 Open) 47m 39.339s
  10. Scott Redding GBR Estrella Galicia 0,0 Marc VDS (RC213V) 47m 40.888s

Check Also

Duo Honda Rajai Sachsenring

Rossi Masih Pimpin Klasemen MotoGP darikita.com, SACHSENRING – Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo harus lebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *